Demi Bulan Dana PMI, Wali Kota Jakbar Himpun Rp67 Juta Dalam 1 Jam

Selasa, 12 Juli 2022 19:16 WIB

Share
Demi Bulan Dana PMI, Wali Kota Jakbar Himpun Rp67 Juta Dalam 1 Jam
Wali Kota Jakarta Yani Yani Wahyu Purwoko dan Ketua PMI Jakarta Barat Beky Mardani (Foto: Icoel)

Gerbang Jakarta. Dadakan jadi juru lelang Bulan Dana PMI, Wali Kota Jakarta Barat Yani Purwoko sukses menghimpun Rp67 juta.

Ada peristiwa menarik saat PMI Kota Jakarta Barat menggelar dua agenda - Pengukuhan Panitia Bulan Dana dan Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan - di Ruang MH. Thamrin, Kompleks Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (12/7/2022) lalu.

Peristiwa itu adalah spontanitas Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko yang dengan sigap dan kocak menjadi "juru lelang PMI" dalam mengumpulkan sumbangan dari para hadirin dan undangan yang hadir.

"Ini baru tahap awal, nanti akan diikuti tahap-tahap berikutnya. Kalau perlu sampai 10 tahap supaya semua (sumbangan) keluar," sebut Yani, diiringi tawa riuh hadirin. Tak lama kemudian, Yani langsung menggelar lelang, bagi tamu dan undangan, yang sebagian besar para pemangku jabatan tingkat kelurahan hingga kecamatan di wilayah Jakarta Barat.

Satu demi satu hadirin mengangkat tangan sembari menyebutkan jumlah sumbangan. Mulai yang terkecil Rp50.000 hingga yang terbesar Rp10 juta sumbangan pribadi Yani. Relawan Bulan Dana PMI juga mengedarkan drop box dan mika Q-Ris Bank DKI bagi hadirin yang berniat menyumbang langsung tidak lewat lelang.

"Ikhlas ya?!" seru Yani, diikuti jawaban tak kalah spontan dari hadirin: "Ikhlaaaas!!". Di akhir lelang dadakan itu, setelah dihitung-hitung terkumpul tak kurang dari Rp67 juta. "Sebuah awal yang bagus," ujar Ketua PMI Jakarta Barat yang sepanjang acara selalu sumringah.

Saat itu, PMI Kota Jakarta Barat memang tengah menggelar dua acara sekaligus. Pertama, "Pengukuhan Panitia dan Pembukaan Bulan Dana PMI Kota Jakarta Barat Tahun 2022" yang dilakukan oleh Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko. Pengukuhan ini menandai secara resmi aktivitas PMI Jakarta Barat dalam menghimpun dana masyarakat hingga tiga bulan ke depan (Juli-September).

Agenda kedua, Pelantikan Pengurus PMI Tingkat Kecamatan yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat, dilakukan oleh Ketua PMI Kota Jakarta Barat Beky Mardani.

Dalam sambutannya, Beky Mardani berharap Pengurus PMI tingkat Kecamatan yang baru saja dilantik dapat mengemban dengan baik tugas mereka. Khususnya dalam membantu Panitia Bulan Dana memenuhi target pencapaian Rp6 miliar tahun ini. Tahun sebelumnya PMI Jakarta Barat menargetkan Rp5 miliar dan berhasil mencapai target dengan pencapaian Rp5,3 miliar.

Pada kesempatan itu, selain Wali Kota Jakarta Barat dan Ketua PMI Kota DKI Jakarta, hadir Plt. Wakil Wali Kota yang juga Ketua Panitia Bulan Dana Jakarta Barat Tahun 2022, jajaran pengurus PMI DKI Jakarta, perwakilan Polres Jakarta Barat, perwakilan PMI Kota Jakarta Selatan dan Kepulauan Seribu, Ketua MUI Jakarta Barat, dan tamu-tamu undangan lainnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar