Varian Omicron Disebut Punya Gen Virus Flu Biasa, Begini Kata Pakar

Jumat, 10 Desember 2021 12:06 WIB

Share
Varian Omicron Disebut Punya Gen Virus Flu Biasa, Begini Kata Pakar
Ilustrasi rapid test covid-19 (Foto: Istimewa)

GERBANG JAKARTA - Peneliti dari Nference menyebut bahwa varian Omicron mungkin memiliki fragmen virus lain dan hal itu yang mungkin bisa menyebabkan flu biasa pada manusia.

Para peneliti dari sebuah perusahaan analisis data yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, menemukan sepotong kode genetik di Omicron.

 

Menurut sebuah studi pra-cetak, kode genetik itu ada dalam virus yang dapat menyebabkan pilek.

Dengan bermutasi untuk memasukkan bagian ini ke dalam dirinya sendiri, Omicron mungkin membuat dirinya terlihat lebih terbiasa ditemukan pada manusia.

Seorang insinyur biologi yang ikut menulis penelitian tersebut, yakni Venky Soundararajan mengatakan varian Omicron juga bisa menghindari serangan oleh sistem kekebalan.

“Berdasarkan Omicron mengadopsi penyisipan ini, pada dasarnya mengambil daun dari halaman coronavirus musiman, yang [menjelaskan] bagaimana ia hidup dan menular lebih efisien dengan manusia,” kata Venky, dikutip dari laman NYPost.

 

Para peneliti dalam penelitian tersebut mengatakan ada kemungkinan bahwa Covid-19 mengambil urutan genetik dari virus lain saat seseorang terinfeksi dengan kedua patogen tersebut.

Menurut penelitian, mutasi bisa berarti virus menular lebih mudah, sementara hanya menyebabkan penyakit ringan atau tanpa gejala.

Halaman
1 2
Reporter: Dikki Wahyu Afandi
Editor: Dikki Wahyu Afandi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar