Tidak Ada Vaksin Dosis Ketiga (Moderna) di DPRD DKI Jakarta

Kamis, 12 Agustus 2021 17:00 WIB

Share
Gedung DPRD DKI Jakarta (Foto: Ist)

GERBANG JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta menepis kabar yang menyebutkan telah melayani vaksinasi dosis ketiga untuk kalangan tertentu menggunakan vaksin jenis Moderna yang diperuntukkan untuk tenaga kesehatan (Nakes).

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Jakarta Augustinus menjelaskan, pada pelaksanaan vaksinasi DPRD DKI Jakarta hanya bertindak sebagai pelaksana. Vaksin sejak bulan Mei hingga Juli 2021 didistribusikan langsung Dinas Kesehatan DKI Jakarta ke DPRD DKI berjenis Sinovac.

“Untuk vaksin ketiga yang dibilang Moderna kami tidak ada, dan itu tidak pernah diberikan di DPRD yang namanya vaksin booster atau ketiga. Karena itu belum ada acuan diberikan untuk masyarakat. Yang saya tahu baru untuk tenaga kesehatan,” ujarnya di gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (29/7), seperti disitir laman rremsi DPRD DKI.

Kabar miring mengenai vaksinasi dosis ketiga ini sebelumnya ramai di media sosial. Seorang yang diduga influencer mendapatkan vaksin Covid-19 dosis ketiga di DPRD DKI Jakarta pada Selasa (27/7). Informasi tersebut membuat netizen geram karena dosis ketiga hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

Kabar itu sempat diunggah di Instastory milik @johandjayanto. Saat itu, Johan mengunggah tangkapan layar yang menampilkan diduga influencer tengah mendapatkan vaksin dosis ketiga. Kebetulan, Johan merupakan salah satu followers dari orang tersebut. “Tuesday (Selasa) 9:18 AM. Vaccine shot x3: Booster,” tulis caption diduga influencer tersebut dalam tangkapan layar Johan.

Dalam foto tersebut juga terlihat logo DPRD DKI Jakarta. Namun sayangnya, foto diduga influencer dan nama akunnya disensor, sehingga wajah dan identitasnya belum diketahui.

Augustinus menyesalkan beredarnya informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan itu. Ia mengatakan, pelaksanaan vaksin di DPRD DKI Jakarta yang dibuka untuk umum mengacu pada instruksi langsung Presiden Joko Widodo pada program 1 juta vaksin per hari. Kendati sebelumnya DPRD DKI hanya melaksanakan vaksin bagi pimpinan dan anggota DPRD beserta keluarga.

“Dan itu vaksin dosis pertama dan kedua. Jadi kami sangat memastikan bahwa tidak ada untuk vaksin dosis ketiga, apalagi menggunakan vaksin Moderna,” ungkapnya.

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler