Kampung Condet Wakili Jaktim di Lomba Desa Wisata Indonesia 2021

Kamis, 12 Agustus 2021 13:00 WIB

Share
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat panen duku di Condet (Foto: Ist)

GERBANG JAKARTA. Kawasan Condet yang kaya dengan peninggalan budaya Betawi dipastikan akan mewakili Jakarta Timur dalam lomba desa wisata Indonesia 2021. 

Untuk itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar rapat koordinasi dukungan pelaksanaan Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021, di Ruang Rapat Wakil Wali Kota, Lantai II Gedung A Kantor Wali Kota Jakarta Timur, pada Selasa (10/8/2021) lalu, seperti disitir laman Pemkot Jakarta Timur.

"Kita bertemu dengan Komunitas Gerbang Condet membicarakan Condet yang akan mewakili Jakarta Timur, sebagai kawasan`Desa Wisata` di tahun 2021 ini," ujar Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur, Kusmanto, usai memimpin rapat tersebut.

Condet adalah kawasan yang melegenda di Jakarta Timur, asri, kaya akan peninggalan budaya, hingga kearifan lokal dari masyarakat Condet, salah satunya tanaman buah salak dan dukuh. Kusmanto menyebutkan, kesempatan tersebut dapat dimanfaat oleh kawasan Condet agar menjadi kawasan wisata yang dikenal oleh masyarakat luas.

"Kalau ini sudah maju, bisa mengangkat ekonomi kreatif yang ada di wilayah itu sendiri," ujarnya.

Kusmanto menambahkan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan membantu memperkenalkan kembali kawasan autentik Condet tersebut dengan kemasan kreatif, hingga membangun kawasan tersebut dari akses jalan hingga drainase dalam lomba `Desa Wisata`.

Namun, Ia mengatakan tujuan untuk kembali mempromosikan kawasan Condet akan terus berjalan walaupun perlombaan tersebut telah usai.

"Sekarang ini sudah di-upload (unggah) untuk penilaian secara virtual, nanti kita tinggal tunggu. Tapi pekerjaan ini tetap berjalan, penyesuaian ini tentu memerlukan anggaran, Kita tinggal lewati masanya, apa lewat masa Musrenbang tingkat RW, Kelurahan, kan bertahap," jelasnya

Firmansyah selaku perwakilan tim Komunitas Gerbang Condet, mengatakan, dalam mengikuti lomba tersebut, timnya mengangkat tema `Desa Wisata di Tengah Kota Metropolitan`. Menurutnya, kawasan Condet layak mengikuti lomba yang diselengarakan oleh Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia tersebut, karena memiliki budaya autentik Jakarta hingga suasana alam di kawasan Condet.

"Lomba sudah masuk penilaian, finalnya Desember. Harapannya Condet bisa menang, dan tentunya slogan-slogan dulu bilang `Condet adalah benteng terakhir budaya Betawi`. Mudah-mudahan dengan Condet ikut lomba itu bisa terealisasi,” jelas Firmansyah.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler