Terlama ke-2 di Dunia, Orang Indonesia Main Hape Lebih dari 5 Jam per Hari

Kamis, 5 Agustus 2021 21:30 WIB

Share
(Ilustrasi/Foto: Pixabay)

GERBANG JAKARTA. Analis dan spesialis data mobile App Annie membuat penelitian untuk mengetahui waktu penggunaan aplikasi di sejumah negara di dunia. Mengejutkan, untuk kuartal II-2021, Indonesia berada di posisi nomor 2 di dunia.

Dalam laporan terbarunya, App Annie menyebut pengguna internet Indonesia menghabiskan 5,3 jam untuk menggunakan aplikasi di ponsel mereka. Durasi tersebut naik 35 persen dibanding kuartal II-2019.

Angka tersebut juga membuat Indonesia berada di urutan kedua setelah Brasil. Selisihnya hanya 0,1 jam di mana rata-rata pengguna internet di Brasil menghabiskan waktu selama 5,4 jam untuk menggunakan aplikasi via smartphone. 

Dari seluruh negara yang disurvei, hanya Indonesia dan Brasil yang durasi penggunaan aplikasi tembus hingga 5 jam. Sementara Rusia dan Turki menjadi negara yang mengalami lonjakan tajam untuk durasi waktu penggunaan aplikasi, meskipun begitu angkanya masih jauh di bawah Indonesia dan Brasil.

Di Rusia, waktu penggunaan aplikasi di sana hanya mencapai angka 3, 7 jam meski naik 45 persen dari kuartal II-2019. Sementara di Turki, naik 40 persen menjadi 4,5 jam.

Secara global, penggunaan aplikasi harian naik 45 persen dibanding kuartal II-2021. Peningkatan ini sebagian besar didorong oleh pandemi Covid-19 yang membuat hampir sebagian besar penduduk dunia banyak beraktivitas secara digital.

Lonjakan ini turut berimbas pada total belanja aplikasi secara global yang mencapai 34 miliar dollar AS atau sekitar Rp493 triliun (kurs Rp14.500) pada kuartal II-2021, naik hingga 7 miliar (sekitar Rp101,6 triliun).

Sebagai perbandingan, pada kuartal I-2021, total belanja aplikasi tahunan mencapai 32 miliar dollar AS (sekitar 465 triliun).

Untuk pengguna iOS memang lebih banyak belanja aplikasi dibanding pengguna Android. Mereka mengeluarkan uang untuk belanja aplikasi gaming hingga lebih dari 20 miliar dollar AS (sekitar 290 triliun) pada kuartal II-2021.

Sementara pengguna Android hanya setengahnya, mereka menghabiskan sekitar lebih dari 10 miliar dollar AS (sekitar Rp 145 triliun) untuk aplikasi yang sama. Sedangkan untuk aplikasi non-gaming, total belanja aplikasi pengguna iOS juga lebih tinggi dibanding pengguna Android.

Halaman
1 2
Editor: Admin Local
Contributor: Devana Dea
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler