Pembangunan Venue PON XX di Papua Senilai Rp950 Miliar Rampung

Sabtu, 24 Juli 2021 14:00 WIB

Share
Arena Aquatic di Papua (Foto : Pemprov Papua)

GERBANG JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan pembangunan venue untuk penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Pemerintah menganggarkan dana senilai Rp950 miliar untuk pembangunan sarana dan prasarana olahraga tersebut. 

Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan pembangunan delapan venue sesuai dengan target.

Bahkan, sejumlah venue telah mendapatkan pengakuan, misalnya arena Aquatic yang memperoleh sertifikasi atau pengakuan dunia dari Federation Internationale de Natation (FINA). 

"Kami awalnya ditugaskan hanya empat venue, kemudian ditambahkan lagi empat lagi, jadi total ada delapan venue. Semua 100% kendala-kendalanya sudah teratasi semuanya untuk penyelenggaraan PON XX,"  kata dia dalam keterangan pers, Sabtu (24/7/2021). 

Menurut Diana, untuk pembangunan kedelapan venue PON XX tersebut pemerintah menggelontorkan dana senilai Rp950 miliar. Adapun rincian fasilitas olahraga tersebut masing masing yakni  arena Aquatic dibangun dengan biaya sebesar Rp401 miliar oleh PT Waskita Karya (Persero). 

Selanjutnya, pembangunan Istora Papua Bangkit yang juga dilengkapi Stadion Utama Lukas Enembe. Arena olahraha lainnya yang dibangun pemerintah yaitu Cricket Indoor Outdoor, Hockey Outdoor, serta Sepatu Roda. 

Kemudian,  arena olahraga Dayung dibangun tidak jauh dari Jembatan merah Youtefa yang membentang di atas Teluk Youtefa. Dua fasilitas olahraga lagi yang dibangun Kementerian PUPR  yakni arena Panahan, serta enam rumah susun (rusun) dan wisma atlet. 

 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler