Museum Meme Pertama di Dunia Berdiri di Hong Kong

Sabtu, 24 Juli 2021 16:00 WIB

Share
Museum Meme pertama di dunia (Foto: Instagram K11 Artmall)

GERBANG JAKARTA. Situs 9GAG berkolaborasi dengan K11 Art Mall mendirikan museum meme pertama di dunia. Berlokasi di Hongkong, museum ini diberi nama Meme Museum.

9GAG sendiri merupakan sebuah situs komedi daring yang menampilkan berbagai media visual baik gambar ataupun video. Dibuat oleh Ray Chan, Chris Chan, Marco Fung, Brian Yu, dan Derek Chan pada tahun 2008.

Meme Museum sudah dibuka untuk umum di K11 Art Space sejak 16 Juli lalu, dan akan dibuka hingga 5 September 2021. Museum Meme menyajikan lebih dari 100 meme yang berasal dari beberapa kategori, yakni meme lokal, global, dan meme paling viral.

Meme tersebut disajikan dalam berbagai bentuk, mulai dari figur 3 dimensi, gambar, bahkan bau, dan augmented reality, dan sudah melalui proses seleksi dari kedua pihak.

Ada tujuh zona dengan tema yang berbeda-beda yang dimiliki oleh museum ini. Zona pertama ada In the Meme-time, disini pengunjung diajak untuk melihat perkembangan meme dari era 1960-an sampai saat ini. 

Kemudian, zona Meme Me ada photobooth yang bisa secara instan mengubah para pengunjung menjadi meme. Caranya, pengunjung cukup berfoto di dalam booth tersebut. Sementara itu, zona Meme-go-round menyajikan budaya internet dari seluruh penjuru dunia. 

Selain itu, ada juga Beyond the Meme yang merupakan zona interaktif di mana para pengunjung diajak untuk merasakan meme melalui teknologi AR. Pengunjung juga bisa mendapatkan tato temporer di zona Memeingful Tattoo Station.

Tidak hanya pameran meme, kolaborasi inovatif ini juga akan memperkenalkan NFT meme yang merupakan kolase dari 100 meme terviral yang secara eksklusif akan diluncurkan di museum tersebut dan dilelang pada pertengahan Juli.

 

 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler