Blusukan ke Apotek, Jokowi Kecewa Stok Antivirus Kosong

Sabtu, 24 Juli 2021 08:30 WIB

Share
Presiden Jokowi blusukan cari antivirus (Foto: Setpres)

GERBANG JAKARTA. Presiden Joko Widodo tiba-tiba saja blusukan, mengecek langsung ketersediaan sejumlah obat terkait Covid-19 secara mendadak di Apotek Villa Duta di Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/7/2021) sore.

Mengenakan kemeja berwarna putih dan bermasker hitam, begitu tiba di apotek, Jokowi langsung berbincang dengan petugas. Mulanya, ia bertanya stok Oseltamivir. Namun ternyata, obat tersebut tidak tersedia.

"Ini mau cari obat antivirus yang Oseltamivir," kata Jokowi.

"Oseltamivir sudah kosong, pak," jawab petugas apotek yang tak diketahui namanya.

Mendengar jawaban petugas, Jokowi lantas bertanya harus ke mana ia mencari Oseltamivir. Petugas mengaku sudah tidak mendapatkan barang itu, dan kekosongan ini sudah lama terjadi.

Jokowi pun menanyakan obat penanganan covid lainya, yakni Favipiravir. Namun, lagi-lagi obat itu tak tersedia. Jokowi menanyakan empat jenis obat yakni Oseltamivir, Gentromicyn, Favipiravir, dan multivitamin. Keempatnya ditulis dalam secarik kertas.

Karena yang dicari semua tidak ada, Jokowi akhirnya membeli sejumlah vitamin.

"Iya belanja, vitamin D, kebetulan vitamin D1000 yang ada di sini jadi itu aja yang ada, sama Zegavit untuk penggantinya multivitamin B, karena beliau tanya multivitamin apa yang ada selain itu," jelas Herli, seorang petugas di Apotek Villa Duta.

Sesampainya di dalam mobil, Jokowi lantas menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebelum meninggalkan apotek itu.

"Pak ini saya, ini saya cari obat antivirus Oseltamivir gak ada. Cari lagi obat antivirus yang Fapiviravir juga gak ada. Kosong. Saya cari obat yang antibiotik Azithromycin juga gak ada," ujar Jokowi.

Halaman
1 2 3
Editor: Admin Local
Contributor: Devana Dea
Sumber: -
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler