Tujuh Kebiasaan Unik yang Bisa Mengurangi Stres

Selasa, 13 Juli 2021 19:00 WIB

Share
Tujuh Kebiasaan Unik yang Bisa Mengurangi Stres
Stres dapat dikurangi dengan sejumlah kebiasaan unik (Foto: Johns Hopkins Medicine)

GERBANG JAKARTA. Stres dapat menyerang siapa saja, terutama akhir-akhir ini. Pandemi yang tidak berkesudahan, larangan keluar rumah, dan berita-berita negatif menjadi salah satu pemicu rasa stres.

Jika tidak ditangani dengan baik, hal tersebut tentu bisa sangat mengganggu, dan menurunkan produktivitas Anda, maka perlu tahu langkah-langkah yang tepat dalam meredakan stres.

Mengurangi stres ternyata tidak sulit, ada kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Bahkan seringkali kita tidak menyadari saat melakukannya.

Apa saja? Berikut daftarnya:

 

1. Mengunyah permen karet

Mengutip Healthline, sebuah studi menunjukkan orang yang mengunyah permen karet memiliki tingkat stres yang lebih rendah dan merasa lebih tenang. Hal tersebut mungkin terjadi karena mengunyah permen karet menyebabkan gelombang otak mirip dengan orang yang sedang santai.

Selain itu, mengunyah permen karet juga melancarkan peredaran darah ke otak. Semakin kuat mengunyahnya, semakin mudah juga terbebas dari stres.

2. Menulis

Bagi yang punya kebiasaan menulis buku harian atau diary atau jurnal, teruskan kebiasaan baik tersebut, karena menulis ternyata dapat meredakan stres. Setiap kali merasa stres, luapkan perasaan itu ke dalam tulisan. Selain bisa membantu mengurangi stres, hal itu bahkan dapat membuahkan solusi.

Halaman
Editor: Admin Local
Contributor: Devana Dea
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar