Nawi Ismail Sutradara Si PItung dan Benyamin, Hobi Lalap Mangga Muda

Selasa, 15 Juni 2021 09:00 WIB

Share
Nawi Ismail Sutradara Si PItung dan Benyamin, Hobi Lalap Mangga Muda
Nawi Ismail sutradara yang tinggal di Tanah Abang (Foto: Ist)

GERBANG JAKARTA.Ismail bin Nawi atau biasa dipanggil Nawi Ismail adalah sutradara asal Betawi yang moncer membuat film Si Pitung dan Benyamin. Nawi Ismail lahir di Jakarta pada 18 April 1918 dan wafat 8 Februari 1990.

Sanusi atau biasa disapa Babe Uci, maestro silat Betawi yang juga koreografer silat film Si Pitung, mengenang Nawi Ismail sebagai orang yang ceplas-ceplos. “Nawi Ismail (anak) Betawi Kebon Kacang, kalau makan mesti ada mangga muda. Kalau urusan bikin film dia sangat bagus,” bilang Babe Uci yang pernah bekerjasama dengan Bawi dalam film Si Pitung yang diperankan oleh Dicky Zulkarnain.

Pria yang mengeyam Pendidikan MULO (setingkat SMP) ini  total mengabdikan dirinya untuk dunia layer lebar. Lantaran kesetiaannya terhadap dunia film, Nawi Ismail mendapat penghargaan Kesetiaan Profesi pada 1989.

Awalnya, Nawi bekerja di Standar Film sebagai asisten juru kamera dan pembantu editor. Pada 1951 ia menjadi sutradara dalam film "Akibat" (1951). Lalu, menerbitkan nama Uus dalam film "Berabe" pada 1960. Nah, karirnya mencuat ketika 1970 menjadi sutradara film "Si Pitung" yang dibintangi Dicky Zulkarnain.

Fase berikutnya, Nawi Ismail membuat film dengan pemain utama Benyamin S. Film  "Biang Kerok" (1972) sampai "Tiga Janggo" (1976) merupakan film yang disutradarainya dengan bintang Benyamin S. Lalu, pada 1986, Nawi membuat film "Memble Tapi Kece" yang dibintangi Jaja Miharja.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar