Punya Duit Ratusan Juta, YouTuber Banyumas Ini Disangka Ikut Pesugihan     

Sabtu, 12 Juni 2021 19:00 WIB

Share
(Ilustrasi: martech)

GERBANG JAKARTA. Julukan "YouTuber Banyumas" diberikan kepada Siswanto, pria asal Desa Kasegeran, Kecamatan Cilongkok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Pria ini menjadi terkenal lantaran berhasil mendapat penghasilan dari YouTube hingga 150 juta per bulan.

Padahal kesehariannya, Siswanto atau yang sering disapa Siboen ini hanyalah seorang montir di bengkel pribadinya.

Bermula dari melihat berita tentang Atta Halilintar yang sukses dari YouTube, Siboen memutuskan untuk membuat kanal YouTube-nya sendiri. Awalnya dia mengunggah video komedi anak di sekitarnya, tetapi sepi peminat.

Hingga suatu hari dia mendapat pelanggan motor NMax. Karena merupakan motor keluaran terbaru pada saat itu, Siboen tidak tahu di mana letak aki motornya. Siboen pun menyerah lalu mengembalikannya kepada si pemilik.

Akan tetapi si pemilik menolak dan justru menyarankan agar Siboen melihat tutorialnya di YouTube. Kejadian inilah yang menjadi titik balik dan menginspirasi Siboen untuk membuat video tutorial serupa di tahun 2017.

Hanya dengan bermodal HP Xiaomi Redmi 4X dan Samsung Duos, dimulailah perjalanan kanal Siboen. 

Awalnya Siboen mengaku mengalami kesulitan membuat video berdurasi panjang karena tidak cukup memori, dia juga harus menumpang internet Balai Desa tiap akan mengunduh video baru. Akan tetapi dia tidak mudah menyerah dan hingga kini sudah mendapat 1,2 juta pelanggan.

Tidak sampai di situ, masalah baru pun muncul. Para tetangga menganggap bahwa Siboen menganut pesugihan. Umumnya banyak warga Indonesia yang menganggap seseorang dengan kekayaan instan sudah pasti melakukan pesugihan.

"Penghasilan saya kala itu sudah mencapai 50 juta per bulan. Karena pendapatannya naik secara signifikan, hal itu yang memunculkan anggapan dari warga sekitar jika saya diduga melakukan pesugihan," cerita Siboen.

Tuduhan itu juga sampai dibahas di rapat desa. Di situlah Siboen menjelaskan jika pendapatannya berasal dari YouTube. Kini Siboen bahkan memberikan pelatihan kepada pemuda desanya bagaimana cara menjadi YouTuber dan sudah memiliki 15 anak didik.

Halaman
1 2
Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler