Cara Menyimpan Camilan Agar Awet dan Tak Berubah Cita Rasa

Rabu, 2 Juni 2021 08:00 WIB

Share
Cara Menyimpan Camilan Agar Awet dan Tak Berubah Cita Rasa
Ilustrasi snack (Foto: viseo.com)

GERBANG JAKARTA. Bagi kebanyakan keluarga di Indonesia, camilan adalah makanan yang wajib ada di setiap kondisi. Camilan menjadi teman menonton teve atau sekadar pelengkap acara santai dan menikmati waktu luang.

Merupakan kesenangan tersendiri untuk menyetok aneka camilan mulai dari makanan berat hingga ringan, seperti kue kering, keripik, kacang, hingga permen dan cokelat. Tapi seringnya, sudah terlanjur dibuka dan masih ada sisa karena banyaknya pilihan tersedia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tips dan trik cara menyimpan camilan tersebut agar tahan lama:

 

1. Kue Kering

Simpan di dalam toples kedap udara, pastikan toples benar-benar bersih dan tidak ada sisa makanan. Berikan lapisan kertas di setiap layer kue agar tidak saling menempel. Gunakan silica gel untuk menyerap kelembapan dalam toples. Untuk kue kering yang teksturnya rapuh, pilih toples yang tidak terlalu tinggi agar tidak mudah remuk, sedangkan untuk kue kering bertekstur renyah simpan di dalam toples kaca untuk menjaga kerenyahannya.

Jika disimpan di dalam kulkas, pastikan toples ditutup rapat dan hindari menyimpan dalam kulkas yang penuh dengan makanan. Usahakan untuk menyimpan toples di tempat yang kering dan sejuk. Hindari menyimpan toples di tempat yang terkena matahari langsung dan jauhkan dari makanan yang berbau tajam.

 

2. Keripik

Simpan di dalam kantong plastik dan taruh di dalam freezer. Jika hendak dinikmati, keluarkan kantong plastik dari freezer dan diamkan beberapa saat di suhu ruangan. Keripik renyah pun siap dinikmati.

Halaman
Editor: Admin Local
Contributor: Devana Dea
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar