Es Selendang Mayang Mpok Isah, Segernya Diminum Siang-Siang
Rabu, 19 Mei 2021 23:30 WIB
Share
Es selendang mayang Mpok Isah, jualnya di Setu Babakan. (Foto: RS)

GERBANG JAKARTA. Es selendang mayang merupakan salah satu makanan Betawi. Warna-warni pada lapisannya membuat makanan ini punya daya tarik tersendiri. Soal rasa, es selendang mayang bisa dikategorikan makanan yang enak dinikmati.

Nah, salah seorang penjual es selendang mayang itu adalah Mpok Isah, yang buka lapak di Gerbang Pitung, Setu Babakan, Jakarta Selatan. Menurut Solihin, suami Mpok Isah, istrinya menjual selendang mayang sejak 10 tahun lalu. “Saya dagang bersama istri di Setu Babakan,” kata Solihin.

Biar lebih mudah dibawa, Solihin membuatkan gerobak untuk menaruh selendang mayang dagangannya.

Bahan membuat selendang mayang menurut Solihin adalah sagu aren, tepung beras, dan pewarna makanan. Biar lebih enak rasanya, Solihin memakai bubur mutiara. Ketika disajikan, selendang mayang yang sudah dipotong-potong dicampur dengan es batu plus santan dan cairan gula merah.

Ketika dimakan rasanya manis, gurih dari santan terasa, dan lezat tentu saja. Asyik diminum siang hari. Harga es selendang mayang Mpok Isah hanya Rp5.000. Berminat mencicipi? Datang saja ke Setu Babakan, tepatnya di dekat Gerbang Bang Pitung.