Orang Indonesia Rata-Rata Membaca Buku Hanya 1 Jam 36 Menit per Hari 

Selasa, 18 Mei 2021 07:00 WIB

Share
Orang Indonesia rata-rata membaca buku sekitar 1 jam 36 menit per hari (Foto: Dok Perpusnas)

GERBANG JAKARTA. Orang Indonesia rata-rata membaca buku sekitar 1 jam 36 menit per hari atau setara 9 jam 52 menit per minggu. Sedangkan jumlah buku yang dibaca rata-rata mencapai dua judul dalam waktu tiga bulan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando dalam pembukaan perayaan HUT lembaga yang dipimpinnya ke-41 sekaligus peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang jatuh pada Senin (17/5/2021)..

Menurut Syarif, rata-rata frekuensi membaca masyarakat Indonesia tersebut merupakan hasil riset Perpusnas yang digelar pada 2020 silam. "Nilai tingkat gemar membaca masyarakat sesuai dengan kajian ini pada tahun 2020 adalah 55.74 atau kategori sedang," kata dia.

Ke depan, untuk meningkatkan minat baca warga tersebut pihaknya berharap semua pemangku kepentingan bersinergi dan berkolaborasi. Dengan begitu, budaya literasi dapat diperkuat serta ketimpangan antarwilayah dalam akses pengetahuan dapat dipersempit.

Selain itu, lanjut Syarif, dalam perayaan hari jadinya, Perpusnas menyelenggarakan sejumlah rangkaian kegiatan pada 17 Mei hingga 18 Juni 2021. "Rangkaian acara diisi dengan kegiatan webinar, workshop ISBN, penerbit, sosialisasi bidang perpustakaan dan kepustakawanan, peluncuran dan bedah buku terbitan Perpusnas Press, pendampingan, serta lomba penulisan," kata dia. 
 

Berita Terkait
Berita Terkini
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
Berita Terpopuler