Kecap Betawi Mpok Amang Siap Bikin Lidah Bergoyang
Senin, 19 April 2021 11:25 WIB
Share
Kecap Betawi Mpok Amang, kearifan lokal Betawi yang wajib dilestarikan (Foto: RS)

GERBANG JAKARTA. Kecap sudah lama dikenal orang Betawi. Sejak daulu mereka membuat kecap sendiri dengan sebutan kecap kampung. Nah, di Pejaten, Jakarta Selatan ada Kamaliah atau biasa dipanggil Mpok Amang yang sejak lama membuat kecap kampung.

Kecap dengan label Kecap Betawi Mpok Amang Pejaten ini siap bikin lidah Anda bergoyang nikmat. Gurih, manis, dan lezat rasanya.

Mpok Amang mengaku usaha membuat kecap telah dimulai oleh neneknya sejak 1960. “Turun ke ibu saya, lalu sekarang saya yang membuat,” ungkap Mpok Amang yang tinggal di Gang Bendungan, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Penjualannya saat itu baru menyasar orang di sekitar rumah dan para langganan.

“Sejak zaman nenek dan ibu memang dagang di rumah,” ujar Mpok Amang.

Apa saja bahan untuk membuat kecap kampung ini? Menurut Mpok Amang, ia memakai bahan kedelai, garam, gula merah, daun salam, sereh, dan kayu manis. “Bahannya natural tanpa pengawet."

Prosesnya, kedelai dibersihkan, lalu disangrai (digongseng) di penggorengan. Seetelah matang, dicuci dan direndam semalaman, besoknya baru dikukus. “Terus ditape/fermentasi, didiamkan selama 3 malam ditaruh di tampah, seraya ditutup daun pisang. Nanti kedele berjamur sendiri,” ujar Mpok Amang.

 Setelah itu kedelai dicampur air rebusan, garam, sereh, dan salam. “Disimpan selama sebulan dengan kena Matahari,” lanjut Mpok Amang. Kalau sudah kering baru dimasak pakai air dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore.  Diambil airnya saja, baru dimasak lagi campur gula merah.

Kecap yang sudah jadi bisa untuk dibuat bahan semur, untuk makan tahu, emping, dan lainnya. Rasa manis dari gula merah, gurih dari garam dan aroma kedelai membuat kecap ini punya cita rasa yang khas. Harga Kecap Betawi Mpok Amag dijual Rp70.000 per botol.

Kecap Betawi Mpok Amang bisa didapat di Gang Bendungan, Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan (Gang Bendungan ada di depan POM Bensin Volvo, Pasar Minggu). Bisa juga kontak ke Nurmala (081210047906).

 

Halaman
1 2
Reporter: Rachmad Sadeli
Editor: Admin Local
Sumber: -