Ustadz Menjawab: Hukum Menonton Video yang Banyak Mengumbar Aurat

Sabtu, 17 April 2021 05:29 WIB

Share
Ustadz Menjawab: Hukum Menonton Video yang Banyak Mengumbar Aurat

GERBANG JAKARTA. "Ustadz Menjawab", Sabtu 17 April 2021:Hukum Menonton Video yang Banyak Mengumbar Aurat

Tanya:

Pak Ustadz, saya punya banyak grup WhatsApp. Kadang ada kiriman dari teman yang iseing, isinya gambar-gambar atau video yang banyak mengumbar aurat. Bahkan di bulan puasa sekalipun. Apa hukumnya jika saya membuka gambar-gambar atau menonton video yang banyak mengumbar aurat tersebut?Hartono, Cengkareng, Jakarta Barat.


Jawab:

Sesungguhnya, hukum menonton film atau video yang mengumbar aurat, apalagi berbau pornografi tidaklah dibolehkan dalam Islam. Apalagi, pada bulan Ramadan, bulan suci di mana kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, baik ibadah mahdhah maupun ibadah sosial seperti zakat, sedekah dan memberi makan.

Menonton video atau film yang mengumbar aurat bisa masuk dalam kategori perbuatan yang dilarang dalam al-Quran yaitu “mendekati zina”. QS. Al-Isra' Ayat 32: Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk. Wallahu A’lam.

Jadi, berhati-hatilah dengan kiriman-kiriman "mencurigakan", baik di media sosial maupun di grup-grup WhatsApp.

Dr. H. Mulawarman, Pengajar Pasca Sarjana SKSG UI, Masjid ARH-UI, Salemba.


Halaman
Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar