Jemput Pendonor ke Masjid, PMI Tangerang Targetkan Stok 10.000 Kantong Darah

Jumat, 16 April 2021 21:35 WIB

Share
Jemput Pendonor ke Masjid, PMI Tangerang Targetkan Stok 10.000 Kantong Darah

GERBANG JAKARTA. PMI Kota Tangerang menggelar program "Donor Darah Road to Masjid" sepanjang Ramadan 1442 H. Dengan program jemput para pendonor tersebut, PMI menargetkan stok darah di Kota Benteng meningkat menjadi 10.000 kantong darah.

Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Djumansah mengatakan, untuk mensukseskan program donor darah selama Ramadan ini, pihaknya akan menurunkan lima tim setiap harinya. Masing-masing tim akan menyebar ke berbagai masjid di Kota Tangerang. Sedangkan waktu pelaksanaan pendonoran dilakukan usai berlangsungnya salat tarawih.

"Sekarang ini, stok darah di PMI Kota Tangerang hanya ada 4.000 kantong darah. Stok darah selama Ramadan pun, ditargetkan mencapai 10.000 kantong darah," kata Oman, Jumat (16/4/2021). Oman bilang, untuk meningkatkan partisipasi pendonor, pihaknya melakukan sistem opor. Yakni, satu orang pendonor mengajak satu orang lagi dan seterusnya.

Lewat cara tersebut, pihaknya optimistis bisa memperoleh stok darah yang banyak. Maklum, selama Ramadan diproyeksilkan permintaan darah tetap akan tinggi. Sementara, khusus masyarakat yang pernah terpapar Covid-19, PMI juga terus menyediakan donor plasma konvalesen. PMI akan mengambil sampel plasma darahnya untuk dijadikan penawar pasien yang masih terpapar virus corona.

"Untuk plasma konvalesen, dikhususkan untuk pasien yang dinyatakan sembuh. Jarak donor plasma ini adalah lima minggu, setelah orang tersebut dinyatakan sembuh atau negatif virus corona," jelas Oman.

Reporter: Muhammad Yazid
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar