Pitung Hood Pendekar Slepetan, Sukses Bawa Katapel ke Pentas Nasional

Selasa, 30 Maret 2021 11:04 WIB

Share
Pitung Hood Pendekar Slepetan, Sukses Bawa Katapel ke Pentas Nasional

GERBANG JAKARTA. Katapel atau slepetan adalah permainan anak Indonesia yang juga dikenal di Betawi.

Sejak beberapa tahun ini banyak event digelar di berbagai tempat di Jakarta, Bandung, Jawa Tengah, dan lainnya. Nah, salah seorang penggagas dilaksanakannya event katapel di Indonesia adalah Supriadi atau biasa disapa Pitung Hood. Berkat upaya keras Pitung Hood dan para pegiat katapel di Jabodetabek, permainan ini menjadi cabang olahraga nasional.

Pitung Hood yang piawai main palang pintu Betawi bercerita, awalnya tercetus bikin lomba katapel saat di kampung Silat Paninggilan, Tangerang mengadakan saling kunjung ke sanggar silat lain. “Berkumpul berbincang kongkow sambil ngupi bahas kegiatan Kampung Silat Paninggilan. Timbul ide mengadakan acara  tradisional yang berbeda. Tercetuslah untuk membuat lomba katapel,” ungkapnya.

Dari obrolan di atas langsung diadakan rapat dan dalam waktu dua minggu akhirnya digelar acara lomba Slepetan 2019 di Lapangan Galapuri, Ciledug. “Alhamdulillah pesertanya mencapai 87 orang. Tokoh masyarakat daerah situ, Haji Omat, peserta dari Jabodetabek, Bandung, Banjar ikut hadir. Inilah pertama kali ada festival katapel di Tangerang Kota, bahkan di Indonesia,” bilang Pitung.

Sejak adanya event di Ciledug, Pitung Hood dan pegiat katapel lainnya kerap diundang pada acara di pusat pemerintahan Kota Tangerang. “Lanjut acara Outfeset 2019 di Aldiron yang dihadiri Pak Sandiaga Uno dan ikut ajang Indofest 2019 di Senayan. Sejak itu festival ketapel menjamur di daerah-daerah lain seperti di Bandung, Semarang, Bogor, Jawa Timur, dan lainnya,” kata Pitung.  

Setelah ada banyak event, Pitung Hood dan pegiat katapel membuat wadah dengan nama Katapel Tradisional Se-Jabotabek . “Alhamdulillah satu persatu telah bergabung dengan kami. Seiring dengan waktu karena kita ingin wadahnya menjadi besar, berganti nama jadi Katapel Tradisional Se-Jabodetabek,” bilang Pitung Hood yang mangaku kalau di Tangerang sudah ada 5 SMP bekerjasama dengan Perkatin.

Paling akhir, wadahnya berganti nama menjadi Perkatin (Persatuan Katapel Tradisional Indonesia) dengan Ketua Umum Pitung Hood. “Berkat doa dari semua teman-teman, orang tua, guru. Alhamdulillah melalui Perkatin, katapel  sudah sah menjadi cabang olahraga nasional dari Kemenpora dan sudah dapat SK pada tanggal 18 Agustus 2020,” ujar Pitung Hood.

Saat ini Perkatin telah memiliki Pengda di enam wilayah di Jawa, Kalimantan, dan Papua.

 

Reporter: Rachmad Sadeli
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar