Lari 20 Menit Tiap Hari Yang Efeknya Luar Biasa
Sabtu, 27 Maret 2021 13:48 WIB
Share
Jogging (FOTO IST)

GERBANG JAKARTA. Gaya hidup sehat kini mulai menjadi tren di kalangan masyarakat. Selain berlatih di gym atau workout di rumah, kegiatan olahraga lain yang sering dilakukan adalah lari. 

Tidak perlu modal banyak, cukup dengan sepatu, lari merupakan olahraga efektif yang dapat membakar lemak.

Kebanyakan orang akan bertanya, misalnya, "Apakah 20 menit cukup untuk membakar lemak dan mempertahankan gaya hidup sehat?" Faktanya, bukan 20 menit yang harus diperhatikan, melainkan keteraturan. Olahraga 20 menit atau bahkan 1 jam yang tidak dilakukan secara teratur tidak dapat menghasilkan perubahan yang baik pada tubuh. 

Jadi, penting untuk melakukan olahraga selama 20 menit secara teratur. Ini dapat menjadi awal yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru, jantung, dan overall mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. 
 
Berikut adalah beberapa manfaat lari selama 20 menit secara teratur:

1. Menjaga kesehatan paru-paru 
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Annuals of Internal Medicine telah menyatakan bahwa latihan kardio intensitas tinggi seperti berlari 20 menit dapat meningkatkan kapasitas dan membersihkan paru-paru. 

2. Memperkuat jantung
Banyak jurnal sudah membuktikan bahwa olahraga kardio, salah satunya lari, membantu jantung lebih kuat. Jantung yang kuat dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien. Hal ini membuat jantung tidak harus bekerja sekeras biasanya. Kuatnya gerak detak jantung bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

3. Pembakaran lemak yang efektif
Bertanya-tanya, apakah 20 menit berlari sudah cukup untuk membakar lemak? Jawabannya ya, jika Anda melakukannya secara teratur. Setelah berhenti berlari, tubuh akan berada dalam keadaan EPOC atau Kelebihan Konsumsi Oksigen Pasca Latihan. Maka dari itu, tubuh akan terus mengambil kalori dan karbohidrat untuk menyembuhkan otot setelah 20 menit berjalan yang intens, dalam hal ini lari. 

4. Meningkatkan hormon endorfin
Hormon endorfin, hormon yang menimbulkan perasaan bahagia pada tubuh dapat muncul dengan berlari. Selama berlari, tubuh akan mengambil lebih banyak oksigen yang akan didistribusikan ke semua bagian tubuh, termasuk ke otak. Jika Anda ingin cepat merasakan efek hormon endorphin, ambillah sesi lari pendek daripada jangka panjang supaya Anda tidak merasa kelelahan. 

5. Mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik
Anda mengalami insomnia? Cobalah berlari selama 20 menit sebelum tidur agar dapat memiliki kualitas tidur yang baik. Lari dapat mengurangi rasa kecemasan yang merupakan penyebab sulit tidur. 

Dengan beberapa manfaat lari di atas, yuk coba luangkan waktu untuk berlari selama 20 menit per hari.  Jika sebelumnya tidak pernah berlari, Anda dapat mencoba dengan berjalan kaki terlebih dahulu agar otot kaki terbiasa dengan pergerakan aktif tubuh. 

Beri tantangan lebih untuk tubuh Anda dengan lari selama 20 menit. Tak perlu lari yang terlalu kencang terlebih dahulu, tambahkan sedikit intensitas dari jalan cepat Anda biasanya. Karena akan terasa lebih lelah, kombinasikan lari dengan jalan kaki. Rasakan denyut nadi yang lebih cepat, tandanya, tubuh sedang membakar kalori.
Reporter: Renny Sundayani
Editor: Admin Local
Sumber: -