Tonah, Emaknya Zaenab, Waktu Muda Pernah Jadi Bang Jampang

Sabtu, 20 Maret 2021 12:34 WIB

Share
Tonah, Emaknya Zaenab, Waktu Muda Pernah Jadi Bang Jampang

GERBANG JAKARTA. Sinetron Si Doel Anak Sekolahan bak sudah jadi bagian "sejarah" orang Betawi. Disukai oleh seluruh rakyat Indonesia. Nah, salah satu pemeran, baik versi sinetron maupun versi layar lebar Si Doel adalah Tonah. Tonah adalah seniman lenong yang memerankan tokoh ibu atau emaknya Zaenab (Maudy Koesnaedi) dalam cerita Si Doel.

Tonah dilahirkan di Jakarta pada 17 April 1962. Ia dibesarkan di keluarga dan lingkungan yang aktif berkesenian Betawi. Kakeknya, Ganjen, dikenal sebagai pemilik tanjidor terkenal. Sedangkan bapaknya, M. Tohir memiliki grup lenong Sinar Jaya dan grup Orkes Melayu Bumi Agung. Suaminya, Nasir (almarhum) adalah pemain lenong sohor dan pimpinan lenong Sinar Jaya.

Setelah suaminya wafat, Tonah melanjutkan estafet memimpin grup lenong Sinar Jaya dan grup tanjidor warisan leluhurnya. "Grup tanjidornya masih ada pakai nama Bumi Agung warisan Bapak dan kakek saya," bilang Tonah yang tinggal di Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Lahir dalam lingkungan seniman, membuat Tonah punya kemampuan ciamik dalam bidang tarik suara gambang kromong dan main lenong. Sekitar tahun 1970-an beliau sudah tampil nyanyi gambang kromong di depan Gubernur Ali Sadikin pada peresmian air mancur Beos Kota. Ia juga berprestasi bersama grup lenongnya, jadi Juara I Lomba Lenong Festival Lenong Departemen Penerangan. Lalu, bersama Nazar Amir menjadi Juara III Teater Hiburan Rakyat.

Peran sebagai emaknya Zaenab, baik di sinetron maupun layar lebar, meroketkan nama Tonah ke level artis nasional. Tak jarang ada penggemar yang lebih fasih memanggilnya sebagai emak Zaenab, ketimbang nama aslinya, Tonah.

Namun dari sekian banyak pengalamannya berkesenian, salah satu pengalaman yang juga amat berkesan bagi Tonah adalah ketika ia memerankan tokoh pria, bang jago alias Jampang dari Betawi. "Kejadiannya sekitar 40 tahun lalu. Saya didandanin pakaian lelaki dan pakai kumis khas Jampang," ujar Tonah yang saat ini menjadi Anggota dan Pengurus Lembaga Kebudayaan Betawi.

Saat ini, Tonah tetap konsisten menjaga warisan leluhur dan melestarikan budaya Betawi, sembari menghibur khalayak tentunya, lewat grup tanjidor Bumi Agung dan grup lenong Sinar Jaya yang dikelolanya. 

 

Reporter: Rachmad Sadeli
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar