Indonesia-Singapura Perkuat Kerja Sama Dengan Bangun 3 Jembatan

Selasa, 16 Maret 2021 19:27 WIB

Share
Indonesia-Singapura Perkuat Kerja Sama Dengan Bangun 3 Jembatan

GERBANG JAKARTA. Indonesia dan Singapura sepakat untuk memperkuat kerjasama bilateral kedua negara dengan investasi dan membangun "tiga jembatan": yaitu jembatan digital, jembatan infrastruktur, dan jembatan travel bubble.

Tahun lalu, investasi Singapura di Indonesia mencapai USD9,8 miliar, meningkat 34% dibandingkan tahun 2019. “Investasi Singapura pada tahun lalu mencapai rekor tertinggi dalam 6 tahun terakhir, dan ini menunjukkan hubungan yang sangat baik antara kedua negara,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti disitir laman Kemenko Perekonomian.

Jembatan digital Indonesia dan Singapura diharapkan dapat terwujud dengan Batam sebagai pusat pengembangan data center dan pusat pengembangan industri digital di Indonesia. Sebagaimana diketahui, pada tanggal 2 Maret 2021 yang lalu telah diresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park di Batam. KEK Nongsa Digital Park diharapkan akan menjadi entry point bagi perusahaan teknologi informasi internasional dari Singapura dan mancanegara.

Sedangkan jembatan infrastruktur akan dimulai dengan pembangunan jembatan Batam–Bintan atau jembatan Babin sepanjang 6,4 km pada Tahun 2022. Jembatan ini akan memudahkan pelaku usaha di Bintan untuk mengirimkan produk pertaniannya ke Batam untuk diekspor ke Singapura atau ke negara lain. Pembangunan jembatan Babin ini diharapkan meningkatkan konektivitas dari Bintan dan Batam ke Singapura dan sebaliknya.  

Ketiga, jembatan travel bubble, dimulai dengan disepakatinya travel arrangement antara Singapura dengan kawasan Batam–Bintan–Karimun (BBK). Travel arrangement ini memungkinkan para pebisnis dan turis untuk bepergian secara bebas dari kawasan BBK-Singapura dan sebaliknya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di masa pandemi ini.

Reporter: Admin Local
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar