Pasar Jaya Bangun 2.511 Tempat Usaha Baru di Senen Blok VI

Rabu, 10 Maret 2021 12:34 WIB

Share
Pasar Jaya Bangun 2.511 Tempat Usaha Baru di Senen Blok VI

GERBANG JAKARTA. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membangun lokasi perdagangan baru di Pasar Senen Blok VI, Jakarta Pusat. Sentra baru ini diharapkan dapat menjadi ikon perekonomian ibukota karena dapat menampung 2.511 tempat unit usaha baru.

Peletakan batu pertama (groundbreaking) Pasar Senen Blok VI dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu (10/3/2021), Wakil Gubernur A. Riza Patria, Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta Muhamad bin Salim Alatas,  dan Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin. Rencananya, konstruksi pasar akan rampung pada kuartal kedua tahun 2022 mendatang.

"Jadi, Insya Allah tahun depan kita bisa berkumpul kembali di sini untuk sama-sama menghadiri proses peresmiannya. Tadi ada satu yang disampaikan tentang ini sebuah konsep transit oriented development, dan kita di Jakarta sedang menggeser pola pembangunan yang awalnya hanya berbasis car oriented development," ujar Anies.

Menurut dia, keberadaan Pasar Senen memiliki sejarah yang panjang sehingga layak dijadikan ikon sentra perdagangan baru di ibu kota selain Pasar Tanah Abang. "Kawasan Pasar Senen adalah tempat yang punya sejarah panjang. Jika kita pelajari, tempat ini dibangun pada tahun 1735, hingga kini sudah mengalami periode yang sangat panjang," tuturnya.

Sementara itu, Dirut Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, lokasi pembangunan Pasar Senen Blok VI dinilai sangat strategis. Sebab di sekelilingnya telah banyak dibangun fasilitas umum, antara lain terminal bus, stasiun KRL, hingga halte Transjakarta. Sehingga, ke depan diharapkan arus perekonomian akan berkembang pesat di kawasan ini karena didukung mobilitas kegiatan masyarakat yang juga tinggi.

"Jadi, luas lokasi pasar yang akan kami bangun ada sekitar 14.860 meter persegi, menampung 2.511 unit tempat usaha," tutup Arief, seraya menambahkan, fasilitas yang akan dibangun di antaranya:

Adapun fasilitas yang terdapat di bangunan baru Pasar Senen Blok VI berupa:
1. Sarana parkir untuk mobil, motor, dan sepeda yang luas dan memadai;
2. Eskalator dan lift di setiap sudut bangunan;
3. Fasilitas ibadah;
4. Ruang pertemuan dan pelatihan bagi pedagang;
5. Ruang laktasi;
6. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD);
7. Poliklinik; dan
8. Pengawasan CCTV 24 jam.

Reporter: Muhammad Yazid
Editor: Admin Local
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar